BONGKAR! Kelebihan Linux Bagi Para Crafter

Minggu, Mei 22, 2016

Haaaiiiiiii!!!!!!!!!!!
Dari tadi aku write - del postingan terus. Aku gak tau aku mau posting apa sebenarnya hahahaaa. Ya syudah lahh. Kali ini aku ingin membagi keuntungan dan kelebihan (ya elah sama aja) memakai linux untuk para crafter yang hobi bin demen banget nyimpen gambar & screenshot tutorial dimanapun dia beradaa.

Secara pribadi, ini termasuk kebiasaanku juga sihh. Semisal ada sew along di grup FB (baik, aku mengakuinya. jangan dicontoh), gak mungkin dong yaa kita cuma nyimpen gambar tanpa keterangannya. Mau di bookmark-pun ketika kita butuh kita perlu buka via inet dan itu memakan beberapa megabyte. Bagi wanita super pelit hemat macam aku ... hal itu TIDAK BISA DIBIARKAN!

Kelebihan yang pertama ialah ... bisa screenshot TANPA RIBET.
Pernah ngebayangin ketika kita tinggal mencet tombol screenshot trus tinggal save doang? Yep. Linux yang aku pakai sekarang ini (linux mint) memberikan fasilitas berupa screenshot tanpa membuka software/aplikasi perantara untuk membuka hasil screenshot. Aku nggak tau apakah windows memfasilitasi hal yang sama untuk masalah screenshot ini, tapi ... hal sepele macem ini asliiii membantu banget buat nyimpen-nyimpen gambar yang keterangannya terpisah.


Ini adalah salah satu tutorial Umi Fidh yang aku dapat di FB. Dapet tutorial gratis beebbbb. Sayang atuh kalo gak di simpen. Btw terima kasih banyak Umi Fidh ~

Cara screenshot ini guampang bangeettt. Tinggal pencet tombol Prt Sc (setiap komputer/labtob mungkin beda) di keyboard kita, kemudian akan muncul kotak dialog save screenshot. Tinggal pencet save dehh. Gampang banget kann? Dan ketika kita melakukan hal ini, kita nggak perlu buka software lain buat acara copy-paste. Tinggal save!

Ada yang screenshot-nya bisa ngalahin aku? muahahaa


Setiap produk, ada kelemahan dan kelebihan ya, pastinyaa. Dan kelemahan dari screenshot ini adalah susah bener deh ah buat mencet menu bar dan screenshot secara bersamaan. Atau mungkin akunya aja sih yang belum nemu caranyaa ..heuhmm

Kelebihan linux yang selanjutnya ialaahhh ... memudahkan kita untuk memindah/mengorganisir folder melalui copy-paste.

Pernah nggak sih ngerasa, kita mau membuat menata folder-folder kita melalui copy paste, dan kita membuka dua tampilan file manager dan diatur bersebelahan? Atau mungkin kita copy seluruh file yang akan dipindahkan, kemudian kita mencari folder lain yang akan dituju kemudian kita paste. Itu ... merepotkan. Dalam hal ini aku juga kurang tau apakah OS selain linux sudah menambahkan fasilitas extra panel atau tidak, tapi di linux, kita dimanjakan (halaahhh dimanjakan) dengan kemudahan mengorganisir folder dengan menu View > Extra Pane.



Fasilitas ini cukup menghemat waktuku dan sangat-sangat membantu. Namun extra pane ini memiliki kelemahan, yaitu gambarnya cuma mentok ukuran segitu. Sebenernya bisa digedein sihh, tapi pembesarannya gak seberapa -menurutku-, sedangkan ketika diperbesar kita mau nggak mau harus scroll ke bawah. Aku. Gak. Suka. Scrolling. Ketika. Copy. Paste. Titik.

Itulah dua hal yang aku sukai dari linux. Aku rasa dua hal itu juga sering dilakukan oleh para crafter sekalian. Atau cuma gue doang yang sering banget ngelakuin semua itu ..ahahhaaa

Jadi . . . linux cukup ramah ko untuk para pecinta screenshot DIY.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe